Pernahkah Brosist berfikir kalau Kawasaki Ninja H2R Supercharger adalah satu-satunya motor “tergila” di dunia ? Well, Nggak salah juga sih, Mengingat motor ini dibekali mesin Forced-Induction yang punya power menembus 300 HP ! nge-down, bahkan sebelum menaikinya… Tapi, Itu belum seberapa jika dibandingkan dengan motor yang akan kita bahas dikesempatan kali, MTT Y2K Turbine Superbike !
Yap ! Artikel Historical Bike kita kali ini bakal membahas tentang sebuah motor “gila” bermesin ala Pesawat Jet, MTT Y2K Turbine Superbike… Yang pernah menyandang gelar sebagai Motor (Produksi) tercepat di Dunia ! Plus desiran “nguing-nguing” ala mesin Jet yang bakal bikin bulu kuduk ridernya merinding !! Penasaran ?? Yuk sama-sama kita bahas Brosist
Bukan Honda, Bukan Kawasaki, Apalagi Ducati… Tapi adalah MTT (Marine Turbine Technologies), Sebuah rumah produksi dan daur ulang Mesin Turbin berpengalaman yang bermarkas di Louisiana, Amerika Serikat. Semua berawal saat Ted McIntyre, CEO MTT, Ingin menambah sebuah sepeda motor sebagai salah satu list produknya. Kemudian di tahun 1998, Ia mengutus Christian Travert, Seorang Pebalap & Builder Motor untuk menangani project anyar tersebut, yang kini kita kenal dengan nama MTT Y2K Turbine Superbike !
Sebenarnya sih, Kalau kita bicara Ide untuk membuat sepeda motor bermesin Turbin, MTT Y2K ini jelas bukan yang pertama menggunakannya… Sebelumnya, Cukup banyak motor drag bike custom-build yang menggunakan salah satu tipe mesin pesawat jet ini. Namun, Karena Ted McIntyre berbicara soal “Motor Turbine yang diproduksi Massal“, Nah disitulah letak masalahnya… Kenapa ? Ya, Karena tim dalam project ini harus bisa membuat motor bermesin gila tersebut untuk bisa digunakan di Jalan Raya, Masuk akal untuk dikendarai, dan Bertahan lama. Alias bukan “Sekali pakai buang“, ataupun sebatas “Show Off di Pameran Otomotif”, layaknya motor Drag yang sebelumnya menggunakan mesin ini. Dan pada akhirnya, Di tahun 2000 mereka berhasil menyelesaikan proyek tersebut, dan mulai menjual ke Khalayak Umum…
Tahukah Brosist ?
Di Tahun 2008, MTT Mengadakan Project baru untuk me “reborn” Y2K terbaru yang dinamai ” MTT Y2K Streetfighter”… Model ini bakal menggunakan genre Naked/Streetfighter, Detail yang jauh lebih mumpuni, plus Mesin baru Rolls-Royce Allison 250-20B yang lebih modern dan bertenaga – serta diklaim mampu memuntahkan tenaga 420 HP & Torsi 680 N.m !! Sayangnya, Motor tersebut hingga kini belum masuk tahap produksi massal, dan baru sebatas tes internal semata…
Sekarang, Yuk kita bahas detailnya satu persatu… Dari sektor desain, Kelihatannya sih nggak ada yang spesial dari motor ini. Malah, Honda NR750 & Ducati 916 buatan 1 dekade sebelumnya malah keliatan lebih eksotis – dibanding motor ini yang nampak bak Ikan Koi super besar yang klepek-klepek kehabisan air… Iya nggak ?? Eits, Tapi jangan salah, Dibalik bodywork nya yang simple, Ternyata MTT Y2K Turbine Superbike banyak menggunakan detail mengagumkan loh Brosist !
Pertama, Motor ini sudah dibekali dengan unit frame Twinspar Alumunium-Alloy yang jauh lebih kekar (baca : lebih besar) dibanding Superbike lainnya. Tujuannya, untuk menahan & menstabilkan performa Mesin Turbin yang kita kenal sangat mengerikan… Kedua, MTT Y2K Turbine juga sudah dibekali bodywork berbahan Carbon Fiber, Dimana material ini selain sangat kuat, Juga sangat ringan… Dan ketiga, Motor gokil ini juga sudah dibekali layar LCD di bagian dashboard & Kamera kecil di buritan motor. Fungsinya untuk menampilkan kondisi di belakang rider pada Layar LCD, atau sebagai pengganti kaca spion (MTT mengaku ogah menggunakan kaca spion, karena ditakutkan mengganggu aerodinamika & kestabilan – meskipun pada akhirnya sih dipake juga)… Edan nggak tuh Bro-Sist !?
Beralih ke sektor permesinan, Disinilah excitement bakal kita mulai ! MTT Y2K Turbine Superbike menggunakan mesin turbin Rolls-Royce Allison 250 C-18B yang sebelumnya diketahui digunakan oleh Helikopter Bell 206A. Ya, Mesin Helikopter yang dipasang di Motor ! Mesin yang dipakai di motor ini sebenarnya merupakan mesin bekas, yang didapatkan dari Helikopter yang sudah memasuki batas jam terbang oleh Federasi Penerbangan Amerika.
Berbeda dengan motor bermesin turbin lain yang menggunakan daya dorong mesin turbin sebagai penggeraknya, MTT Y2K Turbine Superbike memberikan pengalaman berbeda.plus Transmisi 2 Speed – Automatic (Cruising & Hi-Speed) – sehingga karakter sepeda motor di Y2K tetap terasa. Meskipun aslinya sih lebih mirip pesawat jet berbentuk motor, wkwkwk… Secara penggunaan, Mesin Helikopter ini disarankan menggunakan Bahan Bakar Diesel, ataupun Bio-Diesel dengan kualitas terbaik…
Tahukah Brosist ?
Helikopter Bell 206A adalah Heli yang pertama kali diperkenalkan tahun 1966. Helikopter ini cukup popular, dan digunakan di banyak Negara, baik sebagai Helikopter Komersil hingga Militer, Termasuk Militer Negara tetangga kita, Thailand… Bell 206A punya kapasitas 1 orang pilot & 5 orang penumpang, dan punya berat kosong 1.057 Kg… Bandingkan dengan berat MTT Y2K Turbine Superbike yang hanya 230 Kg saja.
Secara spesifikasi, Mesin MTT Y2K Turbine Superbike ini mampu memuntahkan power hingga 320 HP ! What ?? Beneran tuh Kang Eno ?? Iya beneran koq Brosist, Tapi jangan terkejut dulu sampai mendengar torsinya yang mampu menembus 425 Lb.ft atau 526 N.m ! Alias hampir 4 kali lipat Ninja H2R !! Bloody Hell…! Dan yang perlu diingat, Mesin ini nggak langsung memperlambat lajunya secara signifikan saat throttle gas ditutup.Kenapa ? Karena ini Motor bermesin Jet !
Dan bukan cuma itu saja, Mengingat MTT Y2K Turbine ini menggunakan Mesin Jet, Maka suara desiran dan “teriakan” nya terdengar sangat luar biasa, Lantaran mampu menembus 52.000 RPM ! Alias 2,5 kali lipat lebih gokil dibanding suara “F1-Sound” alaCBR250RR / Ninja ZXR-250 / GSX-R250SP yang hanya mampu menembus 19.250 RPM… Suaranya dijamin bakal bikin orang satu kampung ngelirik semua deh, Karena dikira ada pesawat lagi mendarat, wkwkwk… Detail video suaranya bakal EA’s Blog sertakan di akhir artikel.
Tahukah Brosist ?
Saat memperkenalkan dan menjualnya ke khalayak umum, MTT Y2K Turbine Superbike ini memberikan “garansi” yang sangat unik… Yakni garansi top speed yang mencapai 250 Mph / 402 Km/h (Itupun kalau ada yang mau mencoba) & garansi mesin seumur hidup pemiliknya !! Para reviewer majalah kenamaan dunia kemudian membuat joke nya yang berisi ” Jika motor ini jebol dan membutuhkan mesin baru, Itu berarti pemiliknya juga akan segera berganti, 402 Km/h terdengar mematikan bukan ?”….
Nah, Sebagai tambahan… Nih dia Spesifikasi MTT Y2K Tutbine Superbike, Spesial untuk Brosist sekalian. Cekidots !
Manufaktur : Marine Turbine Technologies (MTT)
Model : Y2K Turbine Superbike
Tahun Pembuatan : 2000 – 2005
Engine : Rolls-Royce Allison 250 C18-B Gas Turbine
Transmisi : 2 Speed – Automatic (Cruising & Hi-Speed)
Starter : Elektrik Starter
Max Power : 320 HP @ 52.000 RPM
Max Torsi : 526 N.m @ 2.000 RPM
Jarak Sumbu Roda : 1.803 mm
Tinggi Jok : 800 mm
Berat Kosong : 230 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 34 Liter
Frame : Alumunium Alloy Twinspar – Frame
Suspensi Depan : Upside Down Fork 36 mm, Ohlins Fully Adjustable
Suspensi Belakang : Ohlins Monoshock, Alumunium Alloy
Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik, Disc 320mm, Kaliper 6 Piston
Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Disc 320mm, Kaliper 6 Piston
Ban Depan : 120/60 – 17
Ban Belakang : 200/50 – 17
Well… Meskipun punya segudang kemampuan yang membuat motor ini berada 1 step diatas Superbike “konvensional” lainnya, Tapi sesungguhnya MTT Y2K Turbine juga punya kelemahannya tersendiri. Yang pertama, Motor ini belum mampu membuktikan klaim top speednya yang dikabarkan mampu menembus 250 Mph (402 Km/h)… Sejauh ini, Hasil top speednya hanya mampu tercatat di angka 227 Mph (376,8 Km/h). Kedua, Meski dinobatkan sebagai “Motor Produksi tercepat di Dunia” kala itu,Tapi Y2K ini juga dianugerahkan gelar “Motor Produksi Termahal di Dunia” di waktu yang sama… Motor ini dijual seharga $150.000 alias Rp. 2,1 Milyar alias setara Honda RC213V-S yang baru lahir 14 tahun setelahnya dan jadi motor produksi termahal saat ini !
Selanjutnya, MTT Y2K Turbine ini juga mempunyai konsumsi BBM yang bener-bener edan banget deh Brosist, Yakni 34 Liter untuk 30-45 menit riding doang ! Kalau untuk kelas mesin jet sendiri, Mesin ini cukup irit, Tapi kalau dibandingkan dengan Superbike pada umumnya ? Lebih terlihat seperti Vampir penghisap bensin ya… wkwkwkwk… Tapi meskipun demikian, Motor ini tetaplah layak disebut sebagai motor paling fenomenal di tahun 2000-an, Mengingat keberanian MTT untuk menjejali Turbin Pesawat Jet kedalam sebuah sepeda motor. Sebuah keputusan fenomenal yang sejujurnya pantas kita Apresiasi setinggi-tingginya. Setuju ??
Nah, Spesial untuk MTT Y2K Turbine Superbike ini, EA’s Blog bakal mengutip sebuah quotes dari Jay Leno, Aktor & Presenter Kawakan asal Amerika Serikat yang juga punya motor ini di garasi rumahnya…
“ It really does scare you half to death, but it’s great fun !”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar